Langsung ke konten utama

Cara Memilih Terasi Berkualitas

Cara memilih terasi. 


Menentukan kualitas terasi bagi orang yang sudah terbiasa memang bukanlah hal yang sulit dilakukan, namun bagi orang awam kebanyakan akan merasa kebingungan membedakan mana terasi yang bagus dan kurang bagus. Bagi para pembeli dipasar biasanya hanya asal percaya pada penjual dan kadang-kadang kecewa karena ternyata terasinya jelek. jika dilihat sepintas memang sangat sulit untuk membedakan, padahal triknya sangat sederhana dan mudah sekali jika kita sudah paham. Bagi anda yang kesulitan dalam memilih terasi, tidak perlu khawatir berikut akan kami paparkan secara gamblang bagaimana memilih terasi yang bagus dan sehat hanya dengan mengamati secara sepintas saja.


jual terasi juwana

Standar Kualitas Terasi 


Kualitas terasi yang beredar di pasaran sangat ditentukan oleh mutu bahan baku, proses pengoalahan dan pengemasan produk. Untuk mengetahui ciri-ciri umum baik buruknya terasi salah satunya bisa lihat dari warna, tekstur atau bentuk, serta bau atau aroma.
  • Warna
Terasi yang berkualitas baik salah satunya bisa ditandai oleh warnanya, yaitu berwarna gelap atau hitam kecoklatan. Warna hitam pada terasi merupakan warna alami yang berasal dari pigmen ikan atau udang. Hindarilah memilih terasi yang berwarna terlalu cerah misalnya merah cerah. Memang terasi yang berwarna cerah terlihat lebih menarik namun warna ini bukanlah warna alami yang justru kurang baik bagi kesehatan. Pilihlah terasi yang memiliki warna alami, adapun pewarna tambahan yang baik sesuai standar kesehatan biasanya tidak terlalu  mencolok. Berbeda dengan pewarna yang tidak sehat, terasi tampak sangat merah dari luar bahkan menembus hingga ke dalam.

Untuk mengetahui kandungan zat pewarna pada terasi anda bisa melakukan tes uji coba di rumah dengan cara membasahi terasi dan membiarkan tetesannya mengenai kain putih. Bila sisa nodanya berwarna merah cerah dan tidak bisa luntur maka patut dicurigai bahwa terasi tersebut mengandung zat pewarna buatan.
  • Tekstur atau bentuk
Terasi yang baik memiliki tekstur atau bentuk yang bagus, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras. Hal ini menandakan bahwa pembuatan terasi dilakukan dengan proses yang optimal. Jika terasi terlalu lembek hal ini disebabkan oleh proses penjemuran yang kurang sehingga menyebabkan kandungan air pada terasi masih cukup tinggi. Kandungan air yang masih tinggi menyebabkan terasi lembab dan mengurangi daya tahan keawetan terasi itu sendiri. Jika terasi terlalu keras, hal ini juga menandakan hal yang tidak bagus karena bahan yang digunakan terlalu banyak campuran sehingga hal ini mempengaruhi cita rasa terasi itu sendiri.
  • Bau atau aroma
Kandungan yang terdapat pada terasi sebagian besar adalah ikan udang rebon sehingga menimbulkan bau aroma yang khas. Terasi yang terbuat dari bahan udang rebon segar biasanya memiliki aroma yang segar pula. Terasi yang memiliki aroma terlalu menyengat karena bercampur aroma busuk dan bau tak sedap lainnya menunjukkan bahwa bahan baku yang digunakan kurang bagus sehingga kualitas terasi yang dihasilkan juga kurang bagus.


Jual Terasi Juwana Enak

Demikianlah tips cara memilih terasi yang dapat kami sampaikan, sangat mudah bukan?. Menentukan kualitas terasi memang terkadang menjadi kendala bagi para ibu rumah tangga terutama bagi para istri yang baru saja menikah ketika hendak belajar memasak. Namun setelah mengetahui trik diatas, kendala tersebut sudah dapat diatasi dengan mudah. Saran kami pilihlah terasi yang berkualitas tinggi, terbuat dari bahan alami serta diolah dengan cara benar, karena itu akan membuat sambal dan masakan anda menjadi lebih sedap sekaligus sehat.

Jika anda mencari terasi berkualitas, kami menyediakan terasi dengan kualitas terbaik, diolah dari bahan udang rebon berkualitas tinggi, dan harga terjangkau. kami melayani pembelian dalam jumlah kecil untuk konsumsi rumah tangga maupun dalam jumlah besar untuk dijual kembali.

Nomor kontak kami:  0822-2014-1745.

Komentar

  1. Saya jualan pecek lele sudah empat tahun. Dan selalu pakek terasi juwono

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Terasi Terbaik

Cara membuat terasi terbaik .  Anda suka makan sambal? Sama, saya juga. hehe.. untuk membuat sambal yang enak, gurih, dan lezat rahasianya terletak pada terasinya. Ya, bumbu dapur yang satu ini memang sangat berpengaruh dalam menciptakan sambal yang gurih dan nikmat.  Selain itu terasi biasanya juga digunakan sebagai bumbu dalam masakan sayur maupun tumis. Semakin bagus kualitas bumbu terasi maka semakin nikmat pula masakan yang dihasilkan, ini memang sudah menjadi rahasia umum, baik bagi kalangan ibu-ibu rumah tangga, usaha rumah makan, maupun restoran sekalipun. Untuk itulah bagi anda yang menginginkan hasil masakan terbaik tentu harus mengunakan bahan-bahan dan bumbu yang berkualitas tinggi terutama terasi. Nah, berikut ini akan kami bagikan sedikit tips dan pengalaman kami dalam membuat terasi terbaik yang patut dicoba dan semoga bermanfaat bagi anda. Langsung saja, hal yang harus diperhatikan untuk menghasilkan terasi dengan kualitas terbaik adalah pada bahan serta

Terasi Juwana | Alami | Tahan Hingga 1 Tahun

Terasi Juwana. Juwana adalah bagian dari wilayah kabupaten Pati. Merupakan kota pesisir yang sangat produktif dengan berbagai jenis produk lokal yang dihasilkan, mulai dari produk kerajinan kuningan, batik tulis, garam, hasil tangkapan laut, serta berbagai produk olahan seperti bandeng presto dan terasi. Terasi juwana terkenal sedap dan merupakan salah satu produk unggulan propinsi Jawa Tengah yang dipasarkan ke penjuru nusantara. Terasi adalah salah satu bumbu dapur penyedap rasa yang alami tanpa tambahan bahan kimia. Terasi merupakan bumbu wajib dan rasanya ada yang kurang jika masakan anda tanpa menggunakan terasi. Di Juwana terasi sudah menjadi produk unggulan sejak dulu. Kota kecil ini merupakan daerah pesisir yang memiliki hasil panen laut melimpah dan salah satunya merupakan bahan baku terasi. Produksi terasi Juwana merupakan industri rumahan. Dibuat secara manual dan asli tanpa campuran bahan-bahan lain. Secara rasa dan kualitas terasi Juwana lebih enak dibanding